Membaca Al-Quran dengan baik dan benar memang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Karena ketika sholat, tentunya kita akan membaca bacaan surat pendek yang terdapat dalam juz ‘ama. Membaca Al-Quran memang tidak mudah, terlebih bagi seorang pemula. Namun saat ini terdapat banyak cara cepat bisa baca Al-Quran yang patut dicoba untuk para pemula.

Cara Cepat Bisa Baca Al-Quran

Belajar membaca Al-Quran mungkin telah menjadi sebuah trend. Akan tetapi, masih banyak orang yang bertanya bagaimana cara cepat bisa baca Al-Quran? Sebagian orang beranggapan bahwa membaca Al-Quran sulit untuk dipelajari.

Memang untuk dapat memahami Al-Quran memerlukan sebuah pengorbanan. Akan tetapi, dalam setiap pengorbanan yang dilakukan, jelas akan mendapatkan balasan oleh Allah SWT dengan pahala yang berlimpah. Agar lebih jelas, berikut ulasannya untuk anda.

Pengenalan Dasar Hijaiyah

Huruf hijaiyah atau ejaan bahasa Arab merupakan bahasa asli dari Al-Quran. Dapat dikatakan bahwa huruf hijaiyah dalam bahasa Indonesia harus dipahami sehingga anda juga dapat lancar ketika membaca Al-Quran. Cara membaca Al-Quran bagi seorang pemula dapat dilakukan dengan pengenalan tentang huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah yang dimaksud seperti:

  • Alif
  • Ba
  • Ta
  • Tsa
  • Jim dan seterusnya

Mengenal Tanda Baca (Harakat)

Cara membaca Al-Quran yang selanjutnya dapat pula anda lakukan dengan mempelajari harakat di dalam Al-Quran. Hal ini dikarenakan membaca Al-Quran berfungsi untuk menentukan bagian mana pengucapan huruf hijaiyah dalam sebuah bacaan Al-Quran. Adapun agar pengenalan yang lebih detail terkait tanda baca harakat ini, dapat anda beli di toko buku.

Carilah Guru Mengaji

Setelah memiliki waktu untuk belajar, langkah selanjutnya yang dapat anda dilakukan adalah dengan mencari seorang guru mengaji. Anda dapat menggunakan guru mengaji untuk belajar membaca Al-Quran secara lebih privat.

Sebenarnya jika ingin mempelajari Al-Quran secara otodidak juga cukup memungkinkan. Namun karena saat ini telah banyak panduan membaca Al-Quran di YouTube, menjadikan kegiatan belajar terasa lebih mudah.

Permasalahan utama dalam belajar Al-Quran sebenarnya adalah jika kita belajar secara otodidak jelas tidak akan ada mengoreksi apabila mengalami sebuah kendala atau ketika bacaan salah.

READ  Cara Bucin Hidup Bahagia

Belajar Secara Sungguh-sungguh dan Rajin

Selain memperhatikan beberapa langkah diatas, cara cepat bisa baca Al-Quran dapat anda lakukan dengan belajar secara sungguh-sungguh, rajin, dan tidak putus asa. Belajar al quran khususnya belajar tahsin online dan iqro dapat dilakukan secara offline dan online, Karena harus selalu diingat bahwa dalam membaca Al-Quran termasuk kegiatan ibadah dan akan mendapatkan pahala. Maka dari itu, sudah sangat tentu jika ikhtiar tersebut akan selalu diganggu oleh setan. Akan terdapat banyak sekali halangan seperti mengantuk, malas, dan lain sebagainya. Namun harus selalu diingat bahwa membaca Al-Quran merupakan sebuah ibadah dan akan selalu mendapatkan pahala ketika rajin dibaca dan diamalkan.

rahman