Tips Ampuh Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak bagi Milenial

Pendidikan menjadi hal yang penting bagi masa depan sang buah hati. Dengan mendapatkan pendidikan yang layak, akan menentukan dimana mereka akan bekerja, bagaimana cara mereka bersosialisasi, dan tentu saja ilmu yang akan berguna dalam kehidupan.

Hal ini menjadi suatu keharusan bagi orang tua untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak. Karena, selain memenuhi kebutuhan rumah tangga, orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mendapatkan edukasi yang tepat.

Namun masih banyak orang tua yang bingung merencanakan dana pendidikan untuk buah hati, terlebih pasangan muda atau milenial. Hal ini dikarenakan banyak kebutuhan lain yang mereka harus penuhi yang menyebabkan mereka kesulitan dalam menyiapkan dana untuk pendidikan anak mereka nanti.

Nah kalau Anda mengalami kesulitan yang telah dijabarkan diatas, artikel ini akan membantu Anda dalam menyiapkan dana pendidikan. Simak informasi berikut ini:

  1. Atur Pengeluaran dan Pemasukan

Dengan mengatur pengeluaran dan pemasukan, akan membantu Anda dalam menyiapkan untuk dana pendidikan anak Anda. Caranya adalah dengan membuat daftar total pemasukan kemudian dikurangi oleh pengeluaran-pengeluaran wajib setiap bulan, seperti cicilan, kebutuhan rumah tangga, dan sebagainya. Lalu setelah selesai, Anda harus pastikan memasukkan dana pendidikan dalam daftar pengeluaran. Mudah bukan? Next ke tips selanjutnya.

  1. Siapkan Dana Pendidikan Sedini Mungkin

Besarnya biaya sekolah untuk anak nanti mengharuskan Anda harus menyiapkan dana pendidikan sedini mungkin. Mengapa? Jika mepet-mepet, takutnya Anda akan mengalami “seret” di tengah-tengah. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal ini bukan? Oleh karena itu, cegah jangan sampai hal ini terjadi dengan langsung menyiapkan sedari dini, bahkan sebelum punya anak atau anak masih di kandungan pun tidak ada salahnya untuk langsung merencanakannya.

  1. Sisihkan Uang Keuntungan Berinvestasi

Selain dari gaji yang didapat setiap bulan, pasti Anda juga memiliki penghasilan lain diluar gaji pokok bukan. Seperti misalnya freelance ataupun hasil investasi. Hasil investasi disini bisa dalam bentuk saham, emas, dan juga property. Keuntungan berapapun nominalnya, usahakan sisihkan ke dalam dana pendidikan untuk menambah dana pendidikan agar semakin banyak terkumpulnya.

  1. Memiliki asuransi pendidikan
READ  Mengapa Petani Harus Mempunyai Pengetahuan Tentang Musim?

Tips terakhir adalah dengan memiliki asuransi pendidikan, dana akan lebih jelas perencanannya. Karena premi yang dibayarkan setiap bulan akan dikumpulkan selama beberapa tahun dan kemudian bisa diambil kembali ketika anak sudah memasuki usia sekolah.

Selain itu, selain membantu mempersiapkan dana pendidikan, Anda juga akan mendapatkan perlindungan jiwa maupun kesehatan. Jadi dengan kata lain, memiliki dua keuntungan dalam satu produk, dimana hal ini lebih digemari bagi para orang tua pastinya.

 

Kesimpulan

Demikian 3 tips dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk anak bagi pasangan baru atau milenial. Pasangan muda biasanya masih memiliki gaji yang relatif rendah dibandingkan pasangan yang sudah menikah lama jadi mereka harus lebih bijak dalam mengatur pengeluarannya.

Sekian dan terima kasih.

rahman