Membuat Rumah Tipe 36 Terasa Lebih Luas

Kebutuhan akan tempat tinggal semakin hari semakin meningkat. Akan tetapi hal tersebut pun berbanding lurus dengan harga properti yang juga semakin naik. Karena keterbasan lahan dan meningkatnya permintaan rumah, muncul rumah dengan konsep minimalis yang biasanya dibangun dalam klaster. Rumah tersebut dibangun di atas lahan seluas 36 m². Rumah dengan tipe 36 ini biasanya dibangun dengan spesifikasi 2 buah kamar dan satu ruang keluarga. Dengan sedikit pengaturan maka rumah minimalis ini akan terasa lebih luas.

Tentukan Jumlah Ruangan

Seperti yang dibahas pada paragraf sebelumnya, rumah tipe 36 biasanya dengan spesifikasi dua kamar tidur, satu ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai ruang tamu, satu kamar mandi, dan satu dapur yang juga difungsikan sebagai ruang makan. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tinggal sendiri Anda bisa membongkar kamar yang satu lagi agar lebih lapang. Jika Anda ingin memfungsikan kamar tersebut sebagai kamar tamu atau ruang kerja, Anda bisa mengurangi ukuran kamar tersebut.

Sebaliknya, jika Anda ingin menambah sebuah kamar atau ruangan, Anda bisa mengurangi ukuran teras untuk menambah satu ruangan.

Kurangi Jumlah Sekat

Untuk rumah dengan konsep minimalis, sekat memang membuat rumah terasa sumpek. Anda bisa mengurangi jumlah sekat dalam ruangan. Misalnya Anda membongkar sekat yang memisahkan dapur dengan ruang keluarga. Anda bisa menggunakan sekat yang tidak permanen seperti lemari atau rak. Selain membuat rumah terasa lebih lapang, jumlah sekat yang lebih sedikit juga memaksimalkan pencahayan di dalam rumah.

Meninggikan Langit-Langit

Membuat langit-langit Anda lebih tinggi juga membuat rumah terasa lebih lapang. Ruangan-Ruangan yang bisa Anda tinggikan langit-langitnya seperti ruang keluarga atau dapur. Untuk ruangan yang tidak terlalu luas seperti kamar (ukuran 3 x 3 m) tidak disarankan untuk Anda tinggikan langit-langitnya. Karena hal itu bisa membuat ruangan akan terasa tidak proporsional.

Gunakan Warna Putih

Warna putih memang bisa membuat kesan lebih lapang terhadap rumah Anda. Hal ini karena warna putih memaksimalkan pencahayaan alami pada rumah Anda. Dengan pencahan alami, Anda bisa lebih menghemat energi. Anda juga biss memadukan warna putih dengan warna kesukaan Anda. Namun, Anda harus tetap memperhatikan keseimbangan atau proporsional warna. Hindari warna kuning atau merah jika Anda menggunakan furnitur kayu untuk membuat keselarasan Antara desain interior dan eksterior Anda.

Manfaatkan Halaman Belakang Anda

Rumah dengan tipe 36 bisanya memiliki halaman belakang yang terbuka. Jika menurut Anda kulkas atau mesin cuci yang mungkin Anda simpan di aera dapur terasa cukup memakan tempat, Anda bisa menafaatkan halaman belakang ini menjadi ruangan penyimpanan. Anda juga bisa menyimpan peralatan dapur yang jarang Anda gunakan di ruangan ini. Dengan begitu dapur minimalis Anda akan terasa lebih lapang. Untuk hasil terbaik konsultasikan dengan jasa bangun rumah Jogja yang sudah berpengalaman dalam pembangunan rumah.

Sekian pembahasan bagaimana cara membuat rumah tipe 36 Anda terasa lebih lapang. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda.

drajjad