Resep pembuatan zupa soup

Bahan-bahan yang kita perlukan kalau kita mau bikin krim sup untuk zupa zupa zupa

yang pertama pastinya ada kentang gunakan kentang cukup  kentang setengah kilo  saja ya kemudian  jangan lupa setelah dikupas harus direndam di air agar kentang nya tidak  menghitam kemudian wortel satu batang aja Jadi udah cukup terus  pakai jagung disarankan  pakai jagung manis disini saya menggunakan jagung sebanyak tiga buah atau di sesuaikan dengan selera temen temen juga boleh. Kemudian siapkan  daging  ayam daging yang akan kita gunakan adalah daging fillet ayam yang akan kita gunakan disisi daging nya saja ya teman teman itulah kenapa daging yang kita butuhin adalah daging fillet yang tanpa tulang kalau mau diganti pakai daging sapi juga boleh tapi memang lebih enaknya pakai daging ayam sudah menjadi ciri khas nya menggunakan  daging ayam.

 

kemudian bahan selanjutnya adalah bawang putih bubuk nah kalau temen-temen mau pakai bawang putih yang diulek juga boleh tapi kemudian lada hitam satu sendok teh nah untuk takaran  bawang putihnya sekitar satu sendok teh setengah terus kemudiantak lupa  pakai kaldu ayam  yang bisa pakai empat  bungkus buat temen-temen di rumah kalau pakai penyedap rasa selain ini juga boleh sesuaikan saja dengan yang dipakai temen temen di rumah terus bahan berikutnya adalah daun sop atau selada jadi daun sop ini mempunyai fungsi  untuk membuat  sop nya menjadi harum dan jadi krim sup yang enak. Terus dan tidak lupa juga  pakai tepung terigu satu sendok makan dicampur dengan tepung tapioka dua sendok makan Jadi ini nanti fungsinya untuk menjadikan sup  kita itu menjadi krim jadi lebih kental kalau misalnya teman-teman nggak punya tepung terigu atau nggak punya tepung tapioka boleh juga pakai tepung beras Jadi bebas aja ya untuk tepung.

 

Kalau mau pakai tepung beras juga boleh karena penulis  di rumah adanya tepung tapioka Dan tepung terigu jadi penulis  pakai ini jadi tiga sendok teh ini nanti akan kita racik semuanya jangan lupa juga sediain Air ini sekitar dualiter nanti untuk bikin krim sup nya.potong semua bahan bahan yang sudah kita siapkan dalam memotong kentang pastikan potongan nya tidak terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil  kemudian untuk  wortel potong  lebih kecil daripada kentang.  Untuk ayam boleh kita potong dadu tapi tetap kecil-kecil dan juga daun sop juga jangan lupa di potong  nah setelah  siap tinggal kita masak .

 

Yuk kita masak pertama kali kita lakukan adalah memasukkan bawang putih bubuk.  Bawang putih kita masukkan terlebih dahulu kalau yang pakai bawang putih ulek kan juga nggak papa pakai itu udah kita masukkan lada kalau temen temen perhatikan di dalam krim sup ala KFC itu tidak memakai yang seperti Kapulaga kembang PK cengkeh dan juga Kayu Manis jadi dia punya itu sop original Tapi tetap pakai daun sop  nah kali ini catering jogja akan mencoba membuat sop yang mirip seperti itu temen temen.

 

Setelah ini Kita masukin kaldu ayam Kita masukin dulu ayamnya baru kemudian kaldu ayamnya masukan kaldu ayam sesuai selera teman teman ya  kalau yang suka agak asin dibanyakin atau ditambah lagi kaldu ayam temen temen dapat masukan kaldu ayam sesuai selera temen temen kalau yang suka manis boleh di tambah lagi gula atau susu cair juga boleh biasa susu cair yang manis itu kan ada rasanya setelah mulai mendidih kita masukkan dahulu kentang. Kentangnya  Kita masukin karena kentang  ini tekstur yang paling keras jadi kita masuk lebih dahulu selanjutnya kita Boleh masukin jagung boleh  juga kita masukin nanti biarin dulu  sampai mendidih baru kita masukin yang lain-lainnya ya.  Kita masukin jagung manis  jadi cream sop ini walaupun nggak dikasih gula dia tetap akan ada rasa manis manisnya karena kita menggunakan jagung manis kemudian masukkan wortel setelah itu Kita masukin ayam. Pada saat memasukan ayam pastikan  jangan dibiarin menumpuk atau berdekatan  jadi dipisah-pisah agar dia nanti nggak menyatu yang di masukan hanya daging ayam nya saja ya tulang nya tidak perlu di masukan yjadi hanya full daging ayam saja tanpa tulang  aja kita aduk. oh ya temen temen Zupa sop ini biasanya di sajikan untuk acara acara pesta maupun acara pernikahan lo temen temen kalo temen temen mau merasakan zupa sop yang lezat untuk acara nikahan temen temen langsung aja mampir ke catering jogja di jamin enak lo

 

Setelah ini kita siapkan tepung yang tadi  tepungnya penulis  berikan air agar tidak menggumpal ketika dimasukkantepung nya sudah  dalam bentuk cair kita coba masukin dulu setengahpastikan juga takaran tepung nya  jangan terlalu mengental dan juga jangan terlalu encer Aduk  sambil memperhatikan teksturnya ini sudah mulai keciuman bau harumnya ya bau lada dan bawang putih nya sudah mulai ke ciuman udah mulai naik harumnya sepertinya perlu kita tambah lagi dengan tepungnya  karena dia masih terlalu encer Kita masukin lagi ya masukin aja semuanya kita aduk-aduk lagi nah ini sudah mulai membentuk tim Ya sudah mulai tidak encer karena mulai membentuk tim.

 

Jangan terlalu lama kita masaknya  karena ketika kita bakar zupa-zupa nya ini juga akan memanas dan adonan akan semakin panas kalau terlalu lama masa nya dia akan semakin lembut nanti ketika kita bakar dengan roti roti pastry Nya maka dia akan marah terlalu lembek di dalam nah yang terkhir kita masukan daun sop atau seledri kemudian langsung kita matiin kompornya  ini udah ya Jadi cukup sebentar aja masaknya Ini udah mulai mengental udah mulai membentuk krim bau nya juga sudah sangat harum hasilnya.

 

Kemudian tinggal kita tambahkan kulit pastry dan rasanya akan jauh lebih nikmat cream sop-nya pindahkan adonan sop ke  aluminium foil lalu  tutup dengan kulit pastry pastikan menutupnya rapat dan tidak ada lobang di kulitnya  kemudian kita bakar maka akan jadi dijamin enak banget lah kita. Kulit pastry ini bisa kalian temukan di toko toko khusus boga . panggang sekitar lima sampai sepuluh menit hingga kulit mengembang . nah zupa sop pun siap di nikmati temen temen gimana mudah kan cara membuatnya.

 

Zupa sop ini biasanya di sajikan untuk acara acara pesta maupun acara pernikahan lo temen temen kalo temen temen mau merasakan zupa sop yang lezat untuk acara nikahan temen temen langsung aja mampir ke catering jogja di jamin enak lo by catering jogja

 

rifee