Penyebab Terjadinya Gelombang Kedua Virus Corona

Penyebab Terjadinya Gelombang Kedua Virus Corona

Penyebaran dan penularan virus corona sampai sekarang masih terus berlanjut di sebagian besar negara di dunia. Sebelumnya, negara – negara tersebut telah berhasil menekan wabah virus corona di negaranya.

Salah satu perubahan paling dratis dapat terlihat di China. Ketika negara itu melakukan pembatasan bersakala besar pada warganya kasus corona ini dapat ditahan. Sementara itu Korea Selatan, Singapura dan Taiwan juga telah berhasil mengendalikan wabah covid-19 ini. Dengan melakukan penelusuran kontak, pengujian, dan melakukan kebijakan pembatasan jarak fisik. Namun kasus covid – 19 ini masih terjadi dan menyebar di dunia, angkanya pun makin hari semakin bertambah.

Negara – negara di dunia masih bisa berpotensi mengalami adanya gelombang kedua covid-19. Penyebarannya bisa aktivitas kedatangan dari luar negeri atau pun pembawa virus atau carrier virus yang tidak terditeksi sebelumnya.

Penyebab adanya gelombang kedua virus corona ini karena, penyakit menular ini disebabkan melalui kontak fisik. Antara orang yang mudah terinfeksi dan mempunyai imun tubuh yang rentan.  Dengan tidak adanya langkah pengendalian akan membuat wabah ini terus tumbuh dan rata – rata orang yang terinfeksi yang membawa virus ini lebih dari satu.

Respon Kekebalan Protektif dari Virus Corona

Orang yang sudah sembuh dari covid-19 akan menghasilkan respon kekebalan protektif. Dan wabah akan meninggalkan bekas yang akan terus tumbuh dari imun seseorang. Setelah banyaknya orang yang sembuh dan menjadi kebal akan virus ini. Akan lebih sedikit jumlah orang yang rentan terinfeksi dan wabah pun akan mati.

Dan ketika wabah dikendalikan melaui jarak kontak fisik dan tindakan lainnya. Sehingga hanya sebagian populasi yang telah terinfeksi dan akan memperoleh kekebalan tubuh akan virus corona ini. Dan jika suatu populasi belum kebal terhadap virus ini. Masih banyak orang yang rentan dan dapt berpotensi untuk menimbulkan gelombang kedua. Terlebih lagi jika kebijakan dilonggarkan makan akan terjadi infeksi kembali.

Pada gelombang pertama wabah virus corona di dunia terjadi begitu besar diseluruh dunia. Maka ada banyak populasi yang akan cukup kebal dan hanya sedikit populasi yang rentan terhadap virus corona dan inilah yang menyebabkna terjadinya gelombang kedua.

READ  Bukan Untuk Mudik, Angkutan Umum Mulai Beroperasi Tanggal 7 Mei 2020

Sehingga sebagai alternatifnya, pemberantasan virus di gelombang kedua ini bisa dilakukan dengan cara pemberantasan yang dicapai pada kasus wabah sebelumnya yaitu SARS ditahun 2003. Namun karena penyebarannya yang semakin luas, menjadikan upaya pemberantasan ini sulit untuk dilakukan.

Titik akhir dari wabah virus corona ini adalah dengan perkembangan yang cepat dari vaksin covid-19, karena hal itu akan membantu banyak populasi untuk tidak terinfeksi dan semakin luas penyebarannya.

Setelah gelombang pertama berlalu, makan pencegahan terhadap gelombang kedua covid-19 ini harus lebih membutuhkan pengawasan dan pengujian yang ketat dan berkelanjutan.

fasha