Manfaat Anak Menggunakan Smartphone

Smartphone adalah jenis ponsel dengan lebih banyak fitur dan kapasitas untuk menyimpan data daripada ponsel konvensional. Ini yang membedakan ponsel terdahulu dengan sekarang.

Banyak yang telah dikatakan tentang anak-anak yang menggunakan ponsel pintar terlalu sering dan sepertinya semakin berlebihan seiring usianya yang bertambah.

Dari laman TeknologiSaya memberikan pertanyaannya yaitu haruskah anak-anak di izinkan atau tidak diizinkan?

1. Smartphone memiliki dunia tersendiri

Kita hidup di era yang tak luput dari peran teknologi, jadi tidak mungkin bagi anak-anak kita yang mengakses smartphone dapat menjadi hal yang kontradiktif dan tidak bisa dihindarkan. Dalam hal inilah, peran seorang orang tua menjadi hal yang harus dilakukan agar perkembangan anak-anak tidak keluar dari jalurnya.

Bagaimana Anda menjelaskan kepada anak-anak bahwa smartphone berbahaya, jika Anda sendiri banyak menghabiskan waktu dengan komputer dan tablet, atau bahkan menggunakan smartphone itu sendiri?

2. Anak mendapatkan lebih banyak pengetahuan

Saat pandemi seperti ini, penggunaan smartphone yang dipandu oleh seorang guru dapat mendorong anak-anak untuk mencari informasi tentang subjek pertanyaan atau tugas sekolah menjadi lebih mudah.

Hal ini juga memungkinkan anak-anak untuk belajar bagaimana menggunakan teknologi seperti smartphone untuk mencari informasi untuk tugas tersebut, dimana banyak yang memberikan informasi secara tidak terbatas sehingga membuat tugas sekolah lebih mudah untuk dikerjakan.

3. Anak dapat memfasilitasi keamanan dan kontak

Ini benar-benar nilai tambah yang dapat diperhitungka bagi orang tua untuk menghubungi anak-anaknya. Dengan begitu mereka bisa tahu di mana mereka berada jika keadaan darurat terjadi. Bandingkan dengan tahun-tahun tanpa smartphone.

Sebagian besar smartphone juga dilengkapi dengan penerima GPS, yang memungkinkan orang tua untuk melacak telepon sehingga mereka bisa tahu di mana anak tersebut berada.

4. Mendorong rasa tanggung jawab

Ketika orang tua membiarkan anak-anak mereka menggunakan smartphone, ini bisa menjadi cara untuk mengajarkan mereka rasa tanggung jawab. Ini bukan hanya tentang sekedar merawat smartphone yang diberikan, tetapi juga bagaimana mereka menggunakannya dan memanfaatkan untuk hal yang berguna.

READ  Mengapa Petani Harus Mempunyai Pengetahuan Tentang Musim?

Melalui tindakan itu mereka menggali rasa tanggung jawab yang didapat ketika menggunakan smartphone. Kita juga tidak boleh lupa untuk mengingatkan anak-anak agar tidak terlalu sering menggunakan smartphone untuk menjaga kesehatannya.

5. Anak memiliki akses ke alat pembelajaran

Ponsel cerdas dapat membantu anak-anak menggunakan kalender untuk memberitahu dia tanggal ujian sekolah, membuat catatan untuk mengingat berbagai hal dan menyimpan nomor telepon penting. Mereka juga dapat mengambil gambar papan tulis di sekolah sehingga tidak perlu mencatatnya.

Anda sebagai orang tua, mau tidak mau harus sigap untuk ikut andil mengetahui perkembangan smartphone yang setiap tahun akan selalu berubah. Jika tidak Anda akan kehilangan momen penting kebersamaan dengan anak yang tidak dapat diulangi kembali.

Ari