Jenis Katun Combed yang Banyak Beredar Di Pasaran

Kain merupakan bahan yang setiap harinya ada dan digunakan oleh manusia. Salah satu jenis kain yang paling banyak digunakan adalah kain katun. Meskipun begitu masih banyak yang belum mengetahui kalau katun ini memiliki banyak sekali jenis, salah satunya jenis katun combed. Bahkan katun combed ini masih terbagi lagi dalam beberapa jenis yang bisa ditemui di pasaran.

Apa Itu Katun Combed?

Sebelum mengetahui apa saja jenis katun combed yang banyak beredar di pasaran, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenal apa sebenarnya katun combed. Secara sederhananya ini merupakan bahan katun yang sebelumnya sudah disisir terlebih dahulu (combed) sebelum diproses menjadi gulungan benang. Kain yang satu ini juga dikatakan sebagai bahan katun terhalus.

Jenis Katun Combed yang Bisa Ditemui Di Pasaran

Sebelumnya sudah disinggung sedikit bahwa bahan yang satu ini memiliki banyak sekali jenis yang beredar di masyarakat. Meskipun begitu banyak penggunanya ataupun masyarakat awam tidak mengetahui hal tersebut. Padahal dengan mengetahui jenisnya, pengguna bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Seperti beberapa jenis kain katun combed yang ada di bawah ini :

1. Bahan 20s

Pertama adalah bahan yang sering dianggap sebagai bahan terbaik ketika membuat sebuah kaos. Bahan yang satu ini terkenal karena ketebalannya yang jauh berbeda dengan tipe katun combed lainnya yang beredar di pasaran. Katun combed jenis 20s juga memiliki ketahanan yang sangat bagus dan juara.

2. Katun Combed 24s

Kalau untuk bahan yang satu ini memang belum sepopuler seperti jenis bahan katun combed yang lainnya. Bahkan untuk menemukan bahan yang satu ini hanya bisa di beberapa konveksi tertentu yang lokasinya ada di daerah Bandung. Kekuatannya sangat bagus, dan bahkan melampaui bahan 20s meskipun begitu harga yang dimiliki bahan yang satu ini sangat terjangkau.

READ  Desain Kaos Sepakbola Warna Merah Marun Simple Tapi Elegan

Jenis kain yang sangat banyak digunakan untuk membuat kaos distro dengan sablon manual. Namun jenis kain ini tidak bisa untuk buat jersey futsal printing karena tidak ada kandungan polyester. Jadi tinta sublime tidak menempel.

3. Bahan Katun Combed 30s

Meskipun memiliki nominal yang besar, namun bukan berarti bahan yang ini lebih tebal dibandingkan bahan yang sebelumnya. Karena faktanya bahan ini justru lebih tipis dibandingkan bahan 20s dan 24s. Meskipun begitu, jangan pernah ragukan kualitas dari bahan yang satu ini karena tetap memiliki kualitas premium sama seperti jenis yang lainnya.

4. Katun Combed 40s

Terakhir adalah jenis yang paling tipis, meskipun begitu masih memiliki kualitas yang mumpuni untuk digunakan. Justru karena tipis, maka bahan yang satu ini sama sekali tidak panas ketika digunakan. Bahkan bisa dibilang bahan ini merupakan yang paling adem dan juga dingin saat digunakan, sehingga cocok untuk negara seperti di Indonesia.

Cara Membedakan

Setelah mengetahui beberapa jenis kain katun combed yang ada di atas, tentu membuat pengguna penasaran bagaimana cara membedakannya. Tenang saja karena itu bukan hal yang sulit, kali ini akan dibahas bagaimana cara membedakan beberapa jenis kain diatas hanya dengan menggunakan dua cara yaitu :

1. Lihat Jarak Kerapatan Kain

Cara pertama yang bisa digunakan adalah melihat kerapatan kainnya. Karena ternyata inisial angka yang digunakan seperti 20, ataupun 30 itu melambangkan jarak pada setiap jahitannya. Sehingga pengguna bisa membedakan beberapa jenis dari kain katun combed dengan memperhatikan kerapatan kainnya.

2. Ketahui Beratnya

Lalu berat atau gramase juga menjadi hal yang bisa menjadi pembeda antara beberapa jenis kain di atas. Perlu untuk diketahui bahwa berat kain katun combed 40s merupakan kain yang paling ringan beratnya, dan hanya sekitar 140gr.

Jadi itulah tadi pembahasan seputar jenis katun combed dan bagaimana cara membedakannya. Sehingga kini pengguna tidak perlu bingung lagi untuk memilih bahan, dan bisa membedakannya dengan cepat.

Admin