Selama beberapa tahun Indonesia selalu diliputi bencana alam, banjir, gempa bumi, letusan dahsyat, grand slam dan berbagai bencana lainnya yang sebenarnya sudah diakui masyarakat sebagai momen nenek moyang mereka. Banyak sekali target yang jatuh, selain kehendak Tuhan, ada faktor yang melatarbelakangi Indonesia sebagai salah satu lokasi rawan bencana terbaik.

Iklim Eksotik Indonesia Juga Mempengaruhi Fenomena Alam

Sebenarnya bukan hanya kelainan geologi yang membuat Indonesia menjadi lokasi yang rawan bencana, namun penyakit cuaca tropis Indonesia juga mempengaruhi situasi sensasi alam alami. Temperatur yang eksotik memiliki curah hujan yang cukup tinggi, curah hujan yang lebih tinggi ini membantu ketahanan tanah, membuat kondisi kesehatan bangunan tanah tidak menentu sehingga bahaya longsor menjadi besar di Indonesia.

Meskipun Indonesia sebenarnya merupakan wilayah yang rawan bencana, namun kita perlu bersyukur karena tanah air kita memiliki banyak sekali daya tarik dan juga fungsi yang mengagumkan, senantiasa berharap dan juga memahami ancaman bencana kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Wilayah Indonesia tetap berada di Alpide Belt Line

Unsur kedua adalah bahwa wilayah Indonesia terletak pada jalur alpide belt line, alpide belt sebenarnya merupakan sabuk seismik sekaligus sabuk orogenik yang berhadapan dengan beberapa varietas perbukitan yang membentang di sepanjang pinggiran selatan Eurasia, membentang dari Kopi hingga Sumatera melalui Himalaya, Mediterania, serta keluar langsung ke Atlantik.

Ini termasuk pegunungan, Carpathians, Pyrenees, Anatolia dan Perbukitan Iran, Hindu Kush serta Pegunungan Asia Tenggara. Faktanya, Indonesia adalah salah satu sistem pegunungan terbesar di dunia setelah Pegunungan. Kawasan alpen ini juga merupakan jalur seismik paling kuat ke-2 di dunia, oleh karena itu gempa bumi sering terjadi di Indonesia.

Indonesia berada di jalur Cincin Api Pasifik

Unsur pertama sebenarnya karena Indonesia termasuk negara yang berada di jalur Pacific Band of Fire, apa itu Pacific Ring of Fire? Pacific Ring of Fire atau bahkan ring of fire sebenarnya merupakan kawasan yang biasa mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi wadah di Samudera Pasifik, cincin api ini sebenarnya berbentuk seperti tapal kuda seluas 40.000 km, atau bahkan bisa digambarkan sebagai sabuk gempa Pasifik.

READ  Syarat dan Cara Mendapatkan BLT Dana Desa

Masalah ini menyebabkan Indonesia memiliki beberapa gunung berapi. Meninjau hal tersebut, tentu tidak mengherankan jika di Indonesia sebenarnya sering terjadi wabah-wabah yang menggembirakan yang membuat aktivitas basis planet Indonesia begitu energik sehingga risiko gempa menjadi sangat tinggi.

Terletak di Tiga Pelat Dunia

Selain sebenarnya terletak di Cincin Api Pasifik dan sabuk Alpide, sebenarnya Indonesia juga tertekan melalui tiga lempeng aktif, seperti Lempeng Indo-Australia dari selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik yang berasal dari timur, ini juga membantu membuat gangguan geologi di bawah wilayah Indonesia tetap berfluktuasi, yang membuat perkembangan pegunungan baru, gempa dan gelombang pasang rentan terjadi di Bumi.

udin